21 Desember 2008

SEPUTAR SENORI KABUPATEN TUBAN

Wilayah kecamatan Senori adalah wilayah kecamatan yang berada di sebelah selatan kabupaten Tuban Jawa Timur.
Kecamatan Senori berbatasan dengan kecamatan Bangilan sebelah barat, kecamatan Singgahan sebelah utara dan kecamatan Parengan sebelah Timur, serta kabupaten Bojonegoro di sebelah selatan.
Kecamatan senori terdiri dari 12 desa yaitu:
1. Desa Sidoharjo
2. Desa Wonosari
3. Desa Banyurip
4. Desa Leran
5. Desa Wangluwetan
6. Desa Wanglukulon
7. Desa Sendang
8. Desa Jatisari
9. Desa Rayung
10. Desa Katerban
11. Desa Medalem.
Senori termasuk salah satu kecamatan yang terkenal dengan banyaknya pondok pesantren (PONPES) yang sering mendapat julukan Kampung Santri.
Selain itu banyak sekali instansi pendidikan yang ada di wilayah kecamatan senori ya satunya adalah SLTPN 1 Senori, SMU Migas, SLTP Migas. MA Senori, SMU islam senori dan masih banyak instansi pendidikan mulai dari tingkat pra sekolah hingga univ/sekolah tinggi.
Meski terletak sekitar 60 km dari kota kabupaten, dalam soal pendidikan tidak mau kalah dengan kecamatan yang terletak dekat dari ibu kota kabupaten.
Meski Senori adalah kecamatan kecil dikabupaten Tuban tetapi telah banyak melahirkan tokoh2 negarawan dan ulama yang sangat terkenal.
Banyak pendatang yang datang ke senori hanya untuk menimba ilmu agama Islam yang konon juga tidak kalah dengan pondok pesantren yang terkenal.
Kendala yang dihadapi kecamatan senori adalah transportasi yang agak sulit dijangkau apalagi jika agak menjelang malam hanya ojeklah salah satu alat transportasi yang menghubungkan antara Senori dengan Bakalan.
Penggunaan kendaraan pribadi adalah salah satu alternatif untuk mengatasi mahalnya transportasi ojek yang ada di kecamatan senori.
Kekayaan alam dan lahan pertanian yang luas dan subur adalah modal utama yang dapat meningkatkan penghasilan dan taraf hidup orang Senori. Hamparan hijau dimusim penghujan menambah kesejukan hati bagi siapa saja yang datang dan melintas di wilayah kecamatan senori.

6 komentar:

  1. emang betul senori adalah kecamatan yang lengkap sumber daya alamnya, dari pertanian ...hingga tambang...semoga semua itu membawa berkah kepada warga yang mendiaminya...sayang aku sekarang bukan warga senori lagi dulu tahun 1971 aku dilahirkan di wonosari senori tuban tapi tepat tanggal 31 nopember 1991 aku menginjakkan kakiku di tanah papua sampai kini...doakan kami bisa berkumpul kembali di kampung halaman.....salam rindu kampung halaman "Majur"

    BalasHapus
  2. Senori yang sekarang udah beda jauh dengan senori pada 5 tahun yang lalu, kapan hari aku pulang kampung bener2 terkesima melihat perubahan Senori yang sudah menjadi Kota kecil dibagian Tuban Selatan.

    BalasHapus
  3. HALO WISANG GIMANA KABARNYA SENORI,
    AYO NGOPI...

    BalasHapus
  4. salam kenalan q juga orang senori looo (medalem)

    BalasHapus
  5. Trim semua dah mampir. Senori emang lebih maju dari pada beberapa tahun lalu. Sayange masih banyak fasilitas yang masih belum ada di Tuban selatan.

    BalasHapus
  6. Senori yang menakjubkan doeloe,tapi sekarang sudah modern n gak seperti doeloe,seperti waktu kecilq,sesepuh ulama' masih ada...tapi sekarang,beda ulama' berkecipung berlomba2 menjadi yg nmr 1.aq asli tuban senori.dari keluarga yg sangat minus sekali...untuk makan tiap haripun ortuq masih mencari!

    BalasHapus