14 Desember 2008

KENAIKAN GAJI GURU DAN PNS 2009

Berbahagialah bagi para guru dan pns di indonesia karena pada tahun 2009 nanti gaji guru dan pns mengalami kenaikan sebesar 15% mulai januari 2009. Dengan kenaikan gaji guru dan pns ini diharapkan pelayanan kepada masyarakat (pelayanan public) akan semakin baik sehingga masyarakat dapat memperoleh pelayanan prima dari para abdi masyarakat ini.
Menurut kompas kenaikan gaji guru dan pns mencapai 15% pada tahun 2009 dan khusus guru juga akan mengalami kenaikan sebesar 100% sehingga gaji guru golongan II-B masa kerja 0 tahun tanpa sertifikasi dengan gaji sebesar Rp. 1.055.000 akan naik menjadi Rp. 2.007.000. Jadi kenaikannya sekitar 100%.
Menurut menteri pendidikan Bambang S. (tv one) gaji semua PNS mengalami kenaikan 15% pada tahun 2009 dan khusus untuk guru akan mengalami kenaikan lagi yang besarnya tidak diberitahukan sehingga nantinya gaji guru terendah akan mencapai 2 juta rupiah. Jadi gaji guru nantinya akan mengalami dua kali kenaikan gaji.
Kenaikan 15% untuk semua PNS adalah kenaikan gaji pokok untuk semua PNS dan pensiunan tetapi Bambang S. tidak mengatakan kalo gaji guru yg mencapai 2 juta rupiah adalah gaji pokok. Jadi belum ada kepastian kenaikan tersebut termasuk gaji pokok atau tunjangan di luar gaji pokok.
Selain kenaikan gaji yang besar menurut Bambang S. bagi guru yang sudah S1 dan sudah bersertifikat atau sertifikasi juga akan mendapatkan kenaikan gaji lagi sebesar 1X gaji pokok dan pemerintah berencana untuk tahun 2014 semua guru yang sudah S1 akan mendapatkan tunjangan sertifikasi sebesar satu kali gaji pokok.
Guru yang berada di daerah terpencil atau GURDACIL juga akan mendapatkan atau memperoleh tunjangan daerah terpencil yang besaranya belum dipastikan dan dikhususkan untuk guru di kalimantan dan irian jaya.
Semoga dengan kenaikan gaji guru yang di iringi dengan kenaikan bantuan operasional sekolah (BOS) dan peningkatan anggaran pendidikan yang mencapai 20% akan meningkatkan pendidikan di Indonesia khususnya pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar