ABSTRAK
ANIK KURNIAWATI, 2009. Upaya Meningkatkan Pemahaman Dongeng Melalui Membaca Secara Intensif Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Dongeng Kelas III Semester II SDN Brangkal 01 Kecamatan Parengan Tuban
Tujuan penelitian ini adalah melakukan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Perbaikan dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi membaca dongeng pada kelas III siswa SD Negeri Brangkal 01 Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Penelitian ini dilakukan karena siswa tidak dapat menangkap maksud cerita dongeng yang dibacakan guru.
Penelitian dilakukan mulai pada tanggal 10 Februari 2009 sampai dengan tanggal 17 Februari 2009 semester II tahun ajaran 2008/2009 mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca dongeng kelas III SD Negeri Brangkal 01. Subjek penelitian adalah siswa kelas III sebanyak 39 anak, yang terdiri dari 19 anak laki-laki dan 20 anak perempuan. Penelitian menggunakan tiga siklus perbaikan pembelajaran. Siklus I pada tanggal 10 Februari 2009. Siklus II pada tanggal 12 Februari 2009. Siklus III pada tanggal 17 Februari 2009.
Hasil analisis dan refleksi setelah siklus pertama, kedua dan ketiga menunjukkkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran meningkat. Hal ini bisa dilihat pada hasil evaluasi selama proses pembelajaran. Pada awal permulaan hanya 36% siswa dari 39 siswa atau 14 siswa yang mendapat nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal. Kemudian pada siklus I menjadi 27 anak (69%) diatas Kriteria Ketuntasan Minimal sedangkan 12 anak (31%) perlu mendapatkan remidial lagi, pada siklus II siswa yang sudah mengusai materi di atas Kriteria Ketuntasan Belajar ada 30 anak (76%) sedangkan 9 anak (24%) perlu mendapatkan remidial lagi dan pada siklus III siswa yang sudah mengusai materi di atas Kriteria Ketuntasan Minimal ada 33 anak (85%), sedangkan 6 anak (15%) kurang menguasai materi. Walaupun masih ada beberapa siswa yang kurang bisa, akan tetapi guru merasa sudah cukup, karena hasil dari evaluasi itu sudah memenuhi target yaitu 85% siswa sudah menguasai materi dan guru tidak perlu mengadakan perbaikan pembelajaran lagi. Dengan demikian perbaikan pembelajaran dapat dikatakan berhasilUntuk lebih lengkap Penelitian tindakan Kelas (PTK) Bahasa Indonesia ini silahkan Download DI SINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar